Mahasiswa Prodi Statistika mewakili LLDIKTI 12 untuk mengikuti PILMAPRES tingkat Nasional

Mahasiswa Program Studi Statistika FMIPA Unpatti atas nama Yayan Ode berhasil mewakili LLDIKTI  Wilayah 12 untuk  Pilmapres tingkat nasional setelah mengikuti Pilmapres tingkat  Wilayah yang dilaksanakan dari tanggal 2 sampai dengan 12 Mei 2023.

Pilmapres atau Pemilihan Mahasiswa Berprestasi merupakan kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional yang ada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi setiap tahunnya. Pilmapres ini merupakan salah satu kegiatan ajang talenta jenjang pendidikan tinggi yang bertujuan untuk mengembangkan inovasi melalui berbagai karya unggulan yang menjawab tantangan di masyarakat. Pada tahun ini, Pilmapres bagi peserta Program Sarjana mengalami perubahan, yaitu menyinergikan asesmen berbagai kemampuan yang diperlukan di masyarakat. Penilaian keunggulan mahasiswa berprestasi dievaluasi dari aspek pengetahuan dan keterampilan serta keterampilan hidup, di antaranya komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, kreativitas, dan karakter unggul lainnya. Di samping itu, tata cara pemilihan dilakukan secara berjenjang, berprinsip kesetaraan antara PTN dan PTS, serta berasas keterwakilan wilayah yang dilanjutkan dengan pembekalan keterampilan hidup di tahap final.

Sebelum mengikuti Pilmapres tingkat wilayah,  Yayan telah berhasil menunjukkan kemampuannya dalam beberapa aspek yang menjadi penilaian juri pada Pilmapres tingkat Fakultas  MIPA, yang kemudian  menghantarkannya menjadi  juara  pertama mengalahkan 7 peserta lain yang merupakan perwakilan dari beberapa jurusan di Fakultas MIPA. Pilmapres tingkat Fakultas ini dilaksanakan  pada tanggal 6 April 2023 dan  dilanjutkan dengan Pilmapres tingkat Universitas pada tanggal 12 April 2023. Dalam perhelatan ini, Yayan tetap dapat mempertahankan posisinya sebagai juara pertama mengungguli mahasiswa-mahasiswa terbaik perwakilan fakultas yang ada di lingkungan Universitas Pattimura.  Pencapaian yang sangat membanggakan banyak pihak terlebih khusus Program Studi Statistika. Semoga Pencapaian ini dapat memberikan semangat bagi Mahasiswa Program Studi Statistika FMIPA Universitas Pattimura, untuk lebih mengembangkan kemampuan yang dimiliki dan semakin berprestasi.

Yayan telah mengikuti seleksi awal nasional yang dimulai dari tanggal 18-24 Mei 2023 dan sementara menunggu hasil yang  akan diumumkan pada tanggal 27-28 Juni 2023. Semangat dan Sukses buat Yayan dan teman-teman dari instansi lain yang menjadi perwakilan LLDIKTI Wilayah 12 dalam ajang bergengsi tingkat Nasional ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *