Mahasiswa Prodi Statistika mewakili Fakultas MIPA untuk mengikuti PILMAPRES tingkat Universitas

Mahasiswa Program Studi Statistika FMIPA Unpatti atas nama Emanuel Embuai berhasil mewakili Fakultas MIPA untuk  Pilmapres tingkat Universitas setelah mengikuti Pilmapres tingkat  Fakultas yang dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2024 di Auditorim Fakultas MIPA Universitas Pattimura. Pilmapres atau Pemilihan Mahasiswa Berprestasi merupakan kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional yang ada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi setiap tahunnya. Pilmapres ini merupakan salah satu kegiatan ajang talenta jenjang pendidikan tinggi yang bertujuan untuk mengembangkan inovasi melalui berbagai karya unggulan yang menjawab tantangan di masyarakat.

Pada tahun ini, Pilmapres bagi peserta Program Sarjana mengalami perubahan, yaitu menyinergikan asesmen berbagai kemampuan yang diperlukan di masyarakat. Penilaian keunggulan mahasiswa berprestasi dievaluasi dari aspek pengetahuan dan keterampilan serta keterampilan hidup, di antaranya komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, kreativitas, dan karakter unggul lainnya. Di samping itu, tata cara pemilihan dilakukan secara berjenjang, berprinsip kesetaraan antara PTN dan PTS, serta berasas keterwakilan wilayah yang dilanjutkan dengan pembekalan keterampilan hidup di tahap final. Sebelum mengikuti Pilmapres tingkat Universitas,  Emanuel telah berhasil menunjukkan kemampuannya dalam beberapa aspek yang menjadi penilaian juri pada Pilmapres tingkat Fakultas  MIPA, yang kemudian  menghantarkannya menjadi  juara  pertama mengalahkan 6 peserta lain yang merupakan perwakilan dari beberapa jurusan di Fakultas MIPA dan berlanjut menjadi perwakilan Fakultas MIPA pada Pilmapres Tingkat Universitas.

Sukses buat Emanuel, dan semoga ini dapat memberikan semangat bagi mahasiswa Program Studi Statistika untuk semakin berprestasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *