Dua Mahasiswa Prodi Statistika FMIPA Universitas Pattimura, lolos Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tahun 2023 (PMM3)

Dua Mahasiswa Prodi Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan  Alam Universitas Pattimura, berhasil lolos dalam seleksi Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tahun 2023 (PMM3). Mereka adalah Grace S.Luturkey yang ditempatkan di Universitas Mulawarman dan Gildo Tentua di Universitas Prima Indonesia.

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka tahun 2023 (PMM 3) merupakan sebuah program mobilitas mahasiswa selama satu semester untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi di Indonesia sekaligus memperkuat persatuan dalam keberagaman.

Dilansir dari situs resmi kampusmerdeka.kemdikbud.go.id, terdapat 6 elemen utama PMM 3, yaitu:

  1. Pertukaran mahasiswa dilakukan melalui perpindahan klaster antar pulau

  2. Pengakuan hasil belajar hingga 20 sks

  3. Memungkinkan pertukaran mahasiswa PTN ke PTS dan sebaliknya

  4. Diikuti oleh mahasiswa semester 3, 5, dan 7 saat program berjalan

  5. Eksplorasi  persatuan dalam keragaman melalui Modul Nusantara

  6. Mekanisme pertukaran akademik ke akademik dan vokasi ke vokasi

Program PMM memiliki tujuan dan manfaat akademik dan non-akademik untuk seluruh pihak yang berpartisipasi. Bagi Mahasiswa, kegiatan ini bertujuan untuk Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengaplikasikan wawasan kebangsaan, meningkatkan pemahaman mahasiswa pada keberagaman suku, agama, ras, dan antargologan (SARA) dan semangat persatuan, mengembangkan perjumpaan dan dialog  intensif dalam keberagaman dan sikap saling memahami sehingga tercipta penguatan persatuan dan memperluas dan/atau memperdalam pengetahuan akademis mahasiswa. Tujuan program ini bagi Perguruan Tinggi adalah meningkatkan kemampuan Perguruan Tinggi dalam menyelenggarakan pembelajaran berkualitas dan mengelola program pertukaran mahasiswa serta memberikan gagasan internalisasi atau pengembangan tata kelola program pada Perguruan Tinggi penerima dan pengirim.

            Semoga program  ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat memberikan pengalaman baru dalam belajar bagi Grace dan Gildo, serta membawa nama baik almamater. Selain itu, semoga ke depannya semakin banyak mahasiswa Prodi Statistika FMIPA Universitas Pattimura yang berkesempatan mengikuti program yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *