Tim Mahasiswa Prodi Statistika FMIPA Universitas Pattimura lolos pendanaan PKM-AI Tahun 2023

 

2 Tim Mahasiswa Program Studi Statistika Universitas Pattimura berhasil lolos pendanaan hibah Program Kreatifitas Mahasiswa Artikel Ilmiah (PKM-AI) Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristek. Hal ini disampaikan melalui Surat Nomor 4362/E2/KM.01.00/2023 Perihal Insentif Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2023 Tanggal 29 Juli 2023. Pada suarat tersebut disampaikan bahwa kegiatan PKM ini dilaksanakan  dalam rangka memandu mahasiswa untuk menjadi pribadi yang tahu aturan, taat aturan, kreatif, inovatif, dan objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual. Tentu saja bukan hal yang mudah untuk bisa lolos mendapatkan dana  hibah bergengsi nasional untuk mahasiswa ini . Sebuah pencapaian luar biasa oleh mahasiswa prodi statistika yang perlu diaperesiasi.

Secara garis besar PKM dikelompokkan menjadi 2 yaitu PKM Pendanaan dan PKM Insentif, dan PKM-AI merupakan salah satu PKM Insentif bersama dengan PKM Gagasan Futuristik Tertulisa (PKM-GFT).  PKM Pendanaan terdiri dari 8 bidang PKM, yaitu PKM Riset Eksata (PKM-RE), PKM Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-PM), PKM Penerapan Imptek (PKM-PI), PKM Karsa Cipta (PKM-KC), PKM Karya Inovatif (PKM-KI), dan PKM Video Gagasan Konstruktif (PKM-VGK).

Dari 2 Tim yang lolos PKM-AI ini, Tim pertama dengan judul artikel “Pemodelan Faktor-faktor yang Memepengaruhi Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Maluku menggunakan Regresi Data Panel” dibimbing oleh Ronald John Djami,S.Si.,M.Si dan diketuai oleh Syarifah F.A Djamalullail dengan angggota Disny A Helaha dan Jyllian Eugenie. Tim kedua dibimbing oleh Norisca Lewaherilla, S.T.,M.Si dan diketuai oleh Gianovita Talarima serta anggota Nir Indah Salsabila, Kartika O.P Rembet dan Dian Finri Unwaru.Tim ini lolos dengan judul artikel Perbandingan Metode Projected Unit Credit dan Individual Level Premium dalam Pembiayaan Dana Pensiun”.

Selamat dan Sukses buat 2 Tim PKM-AI Prodi Statistika. Menjadi harapan kita bersama, semoga kedepannya semakin banyak tim PKM Prodi Statitsika yang mampu menciptakan inovasi-inovasi, ide, gagasan kreatif yang handal dalam karya PKM dan berhasil lolos dalam pendanaan hibah PKM tahun 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *