TIM MAHASISWA PRODI STATISTIKA UNPATTI LOLOS PENDANAAN HIBAH NASIONAL PKM KEMENDIKBUDRISTEK 2023

Tim Mahasiswa Program Studi Statistika Universitas Pattimura berhasil lolos pendanaan hibah program kreatifitas mahasiswa(PKM) tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristek. Informasi ini mengacu  pada  surat nomor 2383/E2/DT.01.00/2023 perihal  pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 8 Bidang Tahun 2023 yang disampaikan oleh Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemendikbudristek Ibu Sri Gunani Partiwi. Bukan hal yang mudah untuk bisa lolos mendapatkan dana  hibah bergengsi nasional untuk mahasiswa ini . Sebuah pencapaian luar biasa oleh mahasiswa prodi statistia dan perlu diaperesiasi.

PKM bertujuan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.

Plt. Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ibu Sri Gunani Pratiwi dalam Pedoman Umum PKM 2023, menyampaikan bahwa PKM merupakan salah satu wujud implementasi Tridharma Perguruan Tinggi yang diluncurkan oleh Ditjen Diktiristek pada tahun 2023 di bawah pengelolaan Belmawa merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa. PKM memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi Perguruan Tinggi dalam pemeringkatan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Secara garis besar PKM dikelompokkan menjadi 2 yaitu PKM Pendanaan dan PKM Insentif.PKM Pendanaan, terdiri dari 8 bidang PKM, yaitu PKM Riset Eksata (PKM-RE), PKM Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-PM), PKM Penerapan Imptek (PKM-PI), PKM Karsa Cipta (PKM-KC), PKM Karya Inovatif (PKM-KI), dan PKM Video Gagasan Konstruktif (PKM-VGK). PKM Insentif, terdiri dari 2 bidang PKM, yaitu PKM Gagasan Futuristik Tertulisa (PKM-GFT) dan PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI).

Tim PKM dari program studi statistika yang berhasil lolos mengambil bidang PKM-RE dengan judul “Prediksi Gempa Bumi dengan Pendekatan Bayesian pada Wilayah Maluku dan Sekitarnya”.Tim ini dibimbing oleh Dr, H.J Wattimanela,S.Si.,M.Si dan diketuai oleh Caroline Elizabeth Jacob Mahasiswa Prodi Statistika angkatan 2000 yang beranggotakan Emanuel M Embuai dan Fadila Ramadhanti, keduanya adalah mahasiswa prodi statistika angkatan 2001.

Selamat dan Sukses buat Tim PKM Prodi Statistika. Semoga proses berjalan penelitian dan proses pelaporan dapat berjalan dengan baik. Menjadi harapan kita bersema, semoga kedepannya semakin banyak tim PKM Prodi Statitsika yang mampu menciptakan inovasi-inovasi, ide, gagasan kreatif yang handal dalam karya PKM dan berhasil lolos dalam pendanaan hibah PKM tahun depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *