Penerapan program pintar statistik menggunakan software minitab pada guru SMA Negeri 8 Ambon

Program Studi (Prodi) S1 Satsitika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pattimuraa (FMIPA Unpatti) menggelar pelatihan dan edukasi kepada para guru  di SMA Negeri 8 Ambon, tentang  penerapan program pintar statistik menggunakan software minitab pada Senin, 15 Mei 2023. Kegiatan ini merupakan wujud dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh Dosen yaitu Pengabdian kepada Masyarakat (PkM)

Ketua pelaksana kegiatan PkM, Yonlib W.A Nanlohy,S.Si.,M.Si menyatakan kemampuan analisis statistika beserta keterampilan menggunakan software statistik diharapkan mampu meningkatkan motivasi guru dalam melakukan penelitian.

Data merupakan informasi yang sangat penting dalam suatu instansi, baik instansi pemerintah maupun swasta. Sekolah sebagai salah satu instansi pemerintah yang bergerak di bidang pendidikan juga memerlukan manajemen data yang sangat baik. Manajemen data yang baik mempermudah untuk proses pengolahan data. Akibatnya sekolah dituntut untuk bertransformasi mengikuti perkembangan teknologi saat ini. Sekolah pada era saat ini harus beralih dari manajemen data secara fisik ke manajemen data secara digital.

Oleh karena itu, pelaksanaan PkM yang dilakukan pada SMA Negeri 8 Ambon difokuskan pada peningkatan kapasitas guru dalam menghadapi perkembangan teknologi dengan memberikan pelatihan pengolahan data dengan Software MINITAB dan disediakan modeul sebagai panduan bagi peserta dalam kegiatan pelatiha ini. Dalam bidang pendidikan, modul ini dapat digunakan sebagai alat bantu untuk  mempermudah guru dalam melakukan analisis data hasil penelitian tindakan kelas. Selain mempermudah dalam pengolahan data, manfaat lain dari penggunaan software MINITAB adalah dapat memberikan tampilan hasil pengolahan data yang lebih menarik dan mudah dipahami.

Kepala Sekolah SMA Negeri 8 Ambon, Jermia Waas,S.Pd.,M.Pd pada kegiatan ini menyampaikan bahwa, pihak sekolah sangat senang dengan kegiatan-kegiatan seperti ini, yang sangat membantu guru dalam menambah wawasan dan kemampuan dalam mengolah data menggunakan software statistika khususnya dalam mengolah data penelitian tindakan kelas. Peserta juga begitu antusias dalam megikuti kegiatan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *