Lokakarya Revisi Kurikulum Prodi Statistika FMIPA Universitas Pattimura

Kurikulum dan pendidikan adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Kurikulum menjadi pedoman dasar dalam setiap proses pembelajaran. Oleh karena itu, keberhasilan dan kegagalan suatu proses pendidikan, tercapai atau tidaknya tujuan pendidikan sangat  bergantung pada kurikulum yang digunakan. Jika kurikulumnya dirancang dengan baik , sistematis dan komprehensif maka hasil atau output pendidikan itupun akan mampu mewujudkan harapan dan cita-cita pendidikan nasional.

Senin, 5 Juni 2023 bertempat di auditorium Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pattimura,  Program Studi Statistika melaksanakan Lokakarya Revisi Kurikulum. Kegiatan ini dibuka oleh wakil dekan bidang akademik, Dr.H.J wattimanela,M.Si.

Hadir sebagai peserta dalam kegiatan ini adalah Dosen prodi statistika, stakeholder dari beberapa instansi pemerintah/swasta di provinsi Maluku serta alumni dan mahasiswa.Stakeholder yang hadir diantaranya  perwakilan Badan Pusat Statistika Provinsi Maluku, Perwakilan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Maluku, Perwakilan Stasiun Meteorologi Maritim Ambon, Perwakilan Balai Teknik kesehatan Lingkungan dan pengendalian Penyakit (BTKLPP) Ambon, perwakilan Bank BTN dan Perwakilan BPJS Provinsi Maluku.

Kegiatan ini mengahadirkan Narasumber, Prof.Dr.T.G Ratumanan, M.Pd  yang memberikan paparan tentang sinkronisasi Merdeka Belajar kampus Merdeka (MBKM) dalam kurikulum prodi di lingkungan Universitas Pattimura: “Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi-Integrasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka”. Dalam paparannya, Prof. Dr. T.G.Ratumanan,M.Pd menyampaikan hal penting yang harus dimiliki oleh lulusan prodi statistika selain kemampuan akademik yaitu sikap. Perilaku yang sopan, menghargai orang lain, disiplin adalah hal yang harus selalu diajarkan kepada Mahasiswa.

Ketua Tim Revisis Kurikulum Prodi Statistika, Norisca Lewaherila,S.T.,M.Si dalam kesempatan ini juga memberikan paparan tentang evaluasi struktrur kurikulum prodi statistika Unpatti (KKNI 2018) dan desain awal revisi kurikulum. Sesi Lokakarya bersama dengan stakeholder dan alumni memberikan banyak masukan dan saran terhadap perbaikan kurikulum ke depan.

Diharapkan semoga kegiatan lokakarya ini dapat bermanfaat untuk revisi kurikulum prodi statistika, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik demi terwujudnya harapan dan cita-cita pendidikan nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *