Tujuh Mahasiswa Prodi Statistika FMIPA Universitas Pattimura Lolos PMM Batch 2

Tujuh mahasiswa Program Studi (Prodi) Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Pattimura (UAD) berhasil lolos dalam Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Batch 2 masing-masing sebanyak tiga mahasiswa di Universitas Hasanuddin, tiga mahasiswa di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, dan 1 Mahasiswa di Universitas Islam Bandung (UNISBA). Mereka adalah Mahdayani Putri Yunizar, Anastasia Suci Indah Artas, Caroline Elisabeth Jacob, Annisa Syiefa Fitriani, Ilham Rizki Mazis Tomu, Nurul Fadillah Idris, dan Disney Aditya Helaha.

PMM adalah program pertukaran mahasiswa selama satu semester dari satu klaster daerah ke klaster daerah lainnya, yang memberikan pengalaman kebhinekaan dan sistem alih kredit sebanyak 20 SKS. Melalui program ini, mahasiswa dapat mengeksplore dan mempelajari keberagaman budaya nusantara, berteman dengan mahasiswa dari berbagai daerah, dan berkesempatan belajar di kampus lain di Indonesia.

Dilansir dari situs resmi kampusmerdeka.kemdikbud.go.id, proses pembelajaran dalam Kampus Merdeka merupakan salah satu perwujudan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (student centered learning) yang sangat esensial. Mahasiswa diberi tantangan dan kesempatan untuk pengembangan inovasi, kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mereka, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui kenyataan serta dinamika lapangan. Misalnya seperti persyaratan kemampuan, permasalahan riil, interaksi sosial, kolaborasi, manajemen diri, tuntutan kinerja, target, dan pencapaiannya.

Dalam tahap seleksi, ketujuh mahasiswa ini harus menyiapkan beberapa hal sebagai syarat pendaftaran seperti transkrip nilai, Kartu Tanda Penduduk (KTP), rekening aktif Bank Rakyat Indonesia (BRI) atau Bank Syariah Indonesia (BSI), kartu asuransi kesehatan berupa BPJS atau KIS, surat izin dari perguruan tinggi, dan surat izin orang tua.

Ke depannya, ketujuh mahasiswa ini berharap melalui program ini dapat membawa nama baik almamater. Selain itu, apa yang sudah direncanakan berjalan dengan baik dan tidak ada hambatan yang besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.