PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM) PRODI STATISTIKA TAHUN 2022

Bertempat di SMA Negeri 17 Maluku Tengah, Program Studi Statistika FMIPA Unpatti mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema Implementasi Program Pintar Statistik Dengan Menggunakan Aplikasi Minitab Bagi Guru-Guru Matematika, Rabu (02/03). Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian Program Studi Statistika kepada masyarakat.

Kegiatan yang mendapatkan apresiasi yang baik dari guru-guru matematika ini dilatarbelakangi belum pernahnya penggunaan aplikasi Minitab sebagai alat analisis statistik sederhana digunakan di kalangan masyarakat maupun guru matematika. Dengan kegiatan ini guru-guru diajarkan menyelesaikan permasalahan tentang statistika sederhana seperti menggambar grafik dan menghitung ukuran pemusutan dan penyebaran data yang pada umumnya dikerjakan secara manual.

Kegiatan pelatihan yang dihadiri sebanyak 14 peserta guru ini berhasil meningkatkan pengetahuan guru-guru mengenai pemanfaatan Minitab dalam penyelesaian permasalahan statistik. Diharapkan dari kegiatan ini, guru-guru dapat mengajarkan ilmu yang didapatkan dan mengenalkan Program Studi Statistika FMIPA Untan kepada anak didik mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *