OPEN TALK MENGENAL PROGRAM STUDI STATISTIKA FMIPA UNIVERSITAS PATTIMURA

Program Studi (Prodi) Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tanjungpura (FMIPA Untan) adakan “Open Talk Mengenal Program Studi Statistika” untuk siswa/i SMA sederajat di Provinsi Maluku. Acara sosialisasi berlangsung daring di Aplikasi Zoom Meeting, Sabtu (17/4/2021).
Membuka acara Open Talk, Dekan Fakultas MIPA Unpatti menyambut baik cara sosialisasi yang disampaikan oleh Prodi Statistika FMIPA Unpatti ini.
“Dilakukannya kegiatan ini adalah kesempatan untuk kita semua bersilaturahim, dimana nanti diperkenalkan profil Prodi Statistika sesuai dengan fakta yang ada. Sosialisasi ini ditujukan kepada bapak ibu guru di sekolah dan murid agar dapat menentukan ilmu statistik sebagai pilihan studinya di perguruan tinggi,” ujar Prof. Dr.Pieter Kakisina, S.Pd.,M.Si. Kehadiran Prodi Statistika di Fakultas MIPA Unpatti tentu saja dapat mewujudkan pemenuhan SDM di bidang Statistik di Bumi Raja-Raja yang sejauh ini masih sangat dibutuhkan.
Sesi penyampaian materi sosialisasi dipandu oleh dosen Pembina HIMASTA, L. Bakarbessy, S.Si., M.Sc. Materi pertama diterangkan oleh Ketua Prodi Statistika FMIPA Unpatti, Ferry Kondo Lembang, M.Si. Sebelum sesi materi berlangsung, diputarkan video profil program studi yang didalamnya dipertunjukkan seluruh fasilitas pembelajaran bagi calon mahasiswa.
Membuka materinya, Magister Sains dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya itu memaparkan top ten joob yang akan banyak dicari pada ditahun-tahun mendatang antara lain sebagai Data Scientist dan Aktuaris. Ia menyebutkan, bila calon mahasiswa baru tertarik menjalani dua pekerjaan di atas itu memilih Prodi Statistika adalah pilihan yang tepat saat ini.Profil lulusan yang ada di prodi itu juga relevan dengan pekerjaan yang dipaparkannya. Ada 3 bidang pilihan yang menjadi fokus keilmuan dan profil lulusan di Prodi Statistika, meliputi Statistika Murni, Statistika Terapan, dan Aktuaria, Keuangan dan Ekonomi.
Kemudian, materi kedua disampaikan oleh Elsina Beatrix Ketyaru, mahasiswa Prodi Statistika FMIPA Unpatti angkatan 2019 yang merupakan mahasiswa penerima Beasiswa Pertamina Sobat Bumi Tahun 2020. Adapun materi yang disampaikan “Tips dan Trik Mendapatkan Beasiswa Pertamina Sobat Bumi” Setelah sesi pemaparan dan tanya jawab peserta, acara diakhiri dengan game kuis dari panitia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *